Jumat, 02 Desember 2016

Tips Memakai Baju Seragam Sekolah SD

TIPS MEMAKAI BAJU SERAGAM SEKOLAH SD

Grosir Seragam Sekolah - Bagi para pembaca yang sekarang duduk di bangku Sekolah Dasar ataupun para orang tua yang anaknya sedang berada di jenjang Sekolah Dasar, berikut ini tanya jawab mengenai seragam sekolah, khususnya seragam Sekolah Dasar. Tanya-jawab ini bertujuan memberikan informasi seputar seragam sekolah, termasuk bagaimana mengenakannya dengan benar.
Mengapa murid Sekolah Dasar mengenakan seragam ke sekolah?
Seragam sekolah adalah hal yang wajb dan diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 45 Tahun 2014, tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Dalam peraturan tersebut, dinyatakan bahwa seragam serkolah pada jenjang Sekolah Dasar bertujuan untuk:
-        Memperkuat jati diri bangsa
-        Meningkatkan rasa kesetaraan tanpa memandang status ekonomi para siswa
-        Meningkatkan disiplin dan tanggung jawab
-        Meningkatkan persatuan dan kesatuan di area sekolah dan antar peserta didik

Seragam Sekolah Dasar terdiri dari apa saja?

Seragam sekolah terdiri dari: seragam nasional, seragam khas sekolah dan seragam kepramukaan. Yang dimaksud dengan seragam nasional adalah pakaian seragam yang dipakai peserta didik pada hari belajar yang jenis, model dan warnanya sama secara nasional. Misalnya, seragam nasional bagi siswa Sekolah Dasar adalah kemeja putih dan celana/rok berwarna merah. Sedangkan seragam khas sekolah adalah pakaian seragam yang sesuai dengan ciri khas sekolah dan dikenakan pada hari tertentu dengan tujuan untuk memupuk rasa bangga siswa terhadap sekolahnya. Yang terakhir, seragam kepramukaan, adalah seragam yang sesuai dengan model, warna, jenis dan atribut pramuka yang diatur oleh badan Pramuka secara nasional.

Termasuk dalam seragam khas Sekolah Dasar adalah baju olahraga Sekolah Dasar (SD). Pada umumnya, masing-masing Sekolah Dasar mendisain sendiri baju olah raga Sekolah Dasar-nya atau model tersendiri, jenis bahan dan memberikan warna tersendiri dan menuliskan nama sekolah, lambang/logo sekolah tersebut. Tentu saja baju olahraga SD ini umumnya dikenakan pada hari tertentu untuk pelajaran olahraga atau dalam rangka wisata di ruangan terbuka.

Bagaimana seragam Sekolah Dasar yang sesuai peraturan?

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 2014, seragam SD adalah sebagai berikut:
- kemeja  putih dan terdapat saku di sebelah kiri;
- rok berwarna merah hati, tanpa saku/kantong. Pada bagian pinggang disediakan tali gesper untuk ikat pinggang 
- ikat pinggang berwarna hitam dengan ukuran lebar 3 cm
- kaos kaki putih yang panjangnya 10 cm dari atas mata kaki
- sepatu hitam (bertali dengan tali warna hitam/putih atau tidak bertali)

Demikian informasi seputar Seragam SD dan termasuk baju olahraga SD. Semoga informasi ini bisa menjadi pengetahuan bagi siswa SD, para orang tua dan guru yang mengajar di SD untuk melestarikan semangat mengenakan seragam SD yang baik.


1 komentar: