Jumat, 18 November 2016

Berseragam Sekolah yang Baik

Grosir Seragam Sekolah - Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Indonesia pada umumnya berumur 12 - 18 tahun atau dikenal dengan masa remaja awal. Pada rentang umur ini pada umumnya memiliki karakter :

  • Mulai dapat berpikir secara logika
  • Mulai berani dalam membuat keputusan dan mencari solusi dari masalah
  • Semakin berkembangnya sikap belajar dan keinginan untuk menguji pendapat-pendapat yang datang kepadanya
  • Sudah berani memetakan cita-cita dan rencana-rencana mendatang
  • Sudah mulai belajar untuk mengevaluasi diri sendiri
  • Berkembangnya wawasan dalam berpikir dengan yang dibarengi dengan mencari jati diri

Melihat karakter-karakter tersebut di atas dapat disimpulkan para siswa SMP berada di masa-masa perkembangan sosial dan karakter pribadi siswa yang penting. Oleh sebab itu diperlukan penanaman nilai-nilai positif sehingga perkembangan moral siswa SMP semakin baik dan sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Salah satu nilai yang baik untuk ditanamkan pada para siswa SMP adalah kedisiplinan. Hal ini banyak ditanamkan mulai dari sekolah maupun di limgkungan rumah. Mengapa penting menanamkan kedisiplinan dari sekolah? Karena para siswa SMP menghabiskan lebih dari enam jam waktu produktif mereka di sekolah. Sehingga penting bagi sekolah menanamkan kedisiplinan di dalam diri siswa SMP.

Salah satu bentuk kedisiplinan yang kecil atau sederhana tetapi pada masa mendatangnya nanti pasti membuahkan kebiasaan yang baik adalah mengenakan seragam sesuai peraturan sekolah. Para siswa SMP, khususnya di Indonesia diwajibkan mengenakan seragam nasional dan seragam sekolah. Hal ini seturut dengan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan tahun 2014. Menurut peraturan tersebut, siswa SMP di Indonesia wajib mengenakan kemeja putih dan rok/celana berwarna biru sebagai seragam nasional.

Seragam nasional ini juga dilengkapi dengan atribut-atributnya yang diatur juga pada peraturan menteri di atas. Atribut yang dimaksud adalah:
  • Badge SMP
  • Topi
  • Tali Pinggang
  • Dasi SMP

Sebagian dari siswa mungkin merasa biasa saja atau kadang merasa seragam sekolah membosankan. Padahal dengan sikap disiplin memakai seragam nasional bisa dijadikan modal untuk masa mendatang. Bagi yang merasa membosankan memakai seragam, sebenarnya bisa dibuat keren dengan atribut tersebut. Misalnya dengan memilih atribut dasi dengan dasi bordir SMP. Dasi bordir SMP pasti berbeda dengan dasi cap SMP atau proses logo SMP nya dengan cap. Dasi bordir SMP memberikan kesan timbul dan warna terlihat lebih nyata dan bagus.

Selain memilih atribut yang lebih bagus kualitasnya, untuk tampil baik dengan seragam SMP bisa dilakukan siswa dengan memilih ukuran yang tidak terlalu besar untuk kemeja dan tidak terlalu kecil. Kemeja yang terlalu besar ukurannya memberikan kesan tidak rapih dan membuat tubuh terlihat semakin kecil atau tenggelam dalam kemeja. Sedangkan memilih kemeja yang ukurannya terlalu kecil akan membuat tubuh sulit bergerak dan cenderung sesak dipakai.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam berpakaian seragam, baiknya padukan dengan sepatu yang bersih dan terlebih lagi, yang terpenting, semangat belajar yang tinggi.